Pembelajaran
merupakan proses komunikasi, agar pelaksanaannya berjalan efektif diperlukan
alat bantu serta penggunaan metode tertentu yang lebih variatif. Idealnya
pembelajaran Matematika yang dilakukan guru menggunakan metode tertentu agar
proses belajar dan pemahaman siswa lebih optimal. Proses pembelajaran yang
dilakukan guru selama ini hanya mentransfer pengetahuan melalui buku-buku
dengan cara mencatat dan menerangkan. Pembelajaran yang dilakukan guru belum diupayakan
yang berpusat pada siswa. Mencermati berbagai permasalahan tersebut, penelitian
tentang pembelajaran kooperatif STAD penting untuk dilakukan. Jenis penelitian
yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2
siklus dengan desain mengacu pada model Kemmis dan Taggart yang meliputi: tahap
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Penelitian
dilakukan dengan tindakan pada proses pembelajaran materi FPB-KPK melalui
kooperatif STAD di kelas V. Upaya ini merupakan suatu solusi yang dapat
digunakan untuk menciptakan kondisi pembelajaran aktif, inovatif, kreatif,
efektif dan menyenangkan. Hasil penelitian tentang pembelajaran kooperatif STAD
dapat meningkatkan proses pembelajaran dari siklus I sebesar 55% menjadi 84%
pada siklus II. Hal ini terjadi karena guru dalam melaksanakan kegiatan
pembelajaran mengacu pada sintaks yang telah ditetapkan dalam program, demikian
pula siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran mengikuti pola yang telah
ditetapkan oleh guru. Peningkatan juga terjadi pada kemampuan kognitif subjek
penelitian, pada siklus I nilai rata-rata 67,17 meningkat menjadi 75,59 pada
siklus II. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif STAD dapat
menciptakan kondisi pembelajaran kondusif. Kesimpulan yang diperoleh dari
penelitian tindakan ini adalah: 1) pembelajaran kooperatif STAD dapat
meningkatkan proses pembelajaran, 2) pembelajaran kooperatif STAD dapat
meningkatkan pemahaman konsep siswa tentang materi FPB-KPK. Dengan demikian
disarankan agar pembelajaran materi FPB-KPK yang dilakukan oleh guru hendaknya
berjalan dengan kondusif.
Keyword
Pembelajaran Kooperatif, STAD, Pemahaman Konsep, Proses Belajar.